Selasa, 17 September 2013

PUISI

Apa itu puisi? Puisi adalah ungkapan segala perasaan yang datang dari hati yang tertuang dalam bait-bait. Puisi memiliki berbagai makna dan arti. Terkadang dalam sebuah puisi terdapat beberapa makna yang sulit diartikan, namun dapat diterjemahkan dengan rasa dalam hati.
Keindahan sebuah puisi bukanlah terletak dari untaian kata-kata indah saja, tetapi juga terdapat dalam penghayatan akan makna yang terkandung didalamnya. Puisi dapat memberikan ketenangan tersendiri bagi siapapun yang mendengarnya.

Bagi sebagian orang puisi mungkin hanyalah sebagai perantara ungkapan hati kepada orang yang kita kasihi atau hanya dijadikan sebagai tugas sekolah untuk mendapatkan  nilai yang baik, tetapi puisi memiliki arti yang jauh melebihi itu semua. Beberapa orang mungkin tidak menyukai puisi dengan alasan terlalu cengeng, terlalu kekanakan ataupun tidak bernilai, namun dengan puisi kita dapat membuat hati yang risau menjadi lebih tenang, dan membuat pikiran menjadi lebih jernih karena saat membuat puisi kita ikut masuk ke dalam penghayatannya dan merasakan bait demi bait dalam puisi. Apabila mendengarnya, kita juga bisa menyelami maksud ataupun makna yang terkandung didalamnya serta dapat menentramkan hati.

Semua orang dapat membuat puisi dan juga dapat membacanya. Tidak perlu pintar ataupun pandai, hanya mampu untuk menuangkan segala perasaan ke dalam bentuk kata per kata maka kita bisa menyampaikan perasaan dengan sebuah puisi. Puisi yang indah akan terlahir dengan sendirinya tanpa kita merancangnya untuk menjadi indah karena puisi yang indah akan mengalun begitu saja tanpa ada rencana dan takkan bisa kita tentukan. Cermati isi hati dan dalamilah maka kau akan menemukan arti sebuah perasaan yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar